iklan

Wednesday 18 March 2015

tertawa dan tersenyum itu bermanfaat

Menghilangkan stres dengan tersenyum dan tertawa

Tertawa bisa membuat bahagia karena merangsang sekresi hormon endorfin. Hormon membuat perasaan menjadi senang dan nyaman.

       pemicu stres, sejumlah oang menuding beberapa faktor yang menjadi kambing hitam pemicu sters. diantaranya, pekerjaan yang menumpuk, tekanan dan tuntutan kerja yang tinggi, konfilk dengan rekan atau atasan, konfilk rumah tangga, atau tugas kuliah yang tidak kunjung selesai, dan banyak konflik sosial lainnya.

Manfaat tertawa
      Secara umum, aktivitas tertawa dapat  membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. jadi, jika anda tertawa, tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Di sisi lain, tertawa merangsang otak untuk menyekresi hormon endorfin dan melatonin. kedua hormon ini bermanfaatkan memunculkan reaksi yang membuat seseoang merasa lebih tenang. Hormon endorfin juga dapat memuat perasaan lebih bahagia dan membantu meredahkan rasa nyeri pada tubuh yang terluka.

      Ada banyak cara yang dapat di lakukan untuk menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Di antaranya tidur lebih awal sesuai yang di lakukan nabi Muhammad bagi umat islam, relaksasi dengan pemijatan, berdoa, atau mendengarkan musik. Menurut berbagai riset, tertawa bisa membantu menurunkan kadar hormon stres 30 - 50 persen.
      wallahu alam. 

No comments:

Post a Comment