iklan

Wednesday 21 May 2014

Fungsi Utama Pers

Dalam berbagai literatur komunikasi dan jurnalistik disebut, terdapat lima fungsi utama pers yang berlaku universal, karena kelima fungsi tersebut dapat di temukan pada setiap negara di dunia yang menganut paham demokrasi, yaitu :
  1. Informasi ( to inform )
  2. Edukasi ( to educ tate )
  3. Koreksi ( to influence )
  4. Rekreasi ( to entertain
  5. Mediasi ( to mediate )
1. Informasi
      Fungsi utama dari lima fungsi utama pers ialah menyampaikan informasi secepat - cepatnya kepada masyarakat yang seluas - luasnya. setiap informasi yang di sampaikan harus kriteria dasar : aktual, akurat, faktual, menarik atau penting, benar lengkap - utuh, jelas jernih, jujur - adil, berimbang, relevan, bermanfaat, etis.

2.  Edukasi
       Apa pun informasi yang disebarluaskan pers hendaknya dalam kerangka mendidik ( to educate ). Inilah antara lain yang membedakan pers sebagai lembaga kemasyarakatan dengan lembaga kemasyarakatan yang lain. Sebagai lembaga ekonomi, pers memang di tuntut berorientasi komersial untuk memperoleh  keuntungan finansial, Namun orientasi dan misi komersial itu, sama sekali tidak boleh mengurangi, Apalagi meniadakan fungsi dan tanggung jawab sosial pers.
       Seperti yang di tegaskan Wilbur Schramm dalam men, Messages teacher, and forum ( pengamaat guru dan forum ). pers setiap hari melaporkan berita, memberikan tinjauan atau analisis atas berbagai peristiwa dan kecenderungan yang terjadi, serta ikut berperan dalam mewariskan nilai - nilai luhur universal, nilai - nilai dasar nasional, dan kandungan budaya - budaya lokal dari satu generasi ke generasi berikutnya secara estafet.

3. Koreksi
       Pers adalah pilar demokrasi ke empat setelah legislatif, eksekutif, dan yudikatif.  Dalam kerangka ini, kehadiran pers di maksudkan untuk mengawasi atau mengontrol kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif agar kekuasaan mereka tidak menjadi korup atau absolut. Seperti di tegaskan Lord Acton, Pujangga inggiris abad ke - 18, Kekuasaan cenderung di salah gunakan secara absolut pula ( power tends to corrups and power absolut tend to corrups absolutly too ).
       Untuk itulah, dalam negara - negara penganut demokrasi, pers mengembang fungsi sebagai pengawas pemerintah dan masyarakat ( watchdog function ), pers akan senantiasa menyalak ketika melihat berbagai penyimpangan dan ketidak adilan di dalam suatu masyarakat atau negara. Dengan fungsi kontrol sosial
( social control ) yang dimilikinya itu, pers dapat di sebut sebagai institusi sosial yang tidak pernah tidur. ia juga senantiasa bersikap independen atau menjaga jarak yang sama terhadap semua kelompok dan organisasi yang ada.
      Betapa pun demikian, perlu di tegaskan pers bukanlah hakim yang berhak memvonis, atau jaksa yang berhak melakukan tuntutan dan dakwaan,. bukan pula aparat kepolisian yang berhak melakukan penangkapan, penyelidikan dan penyidikan. Apa artinya ? Dalam mengembang kontrol sosial, pers pun tunduk pada ketentuan perundang undangan yang berlaku. pers tidak steril dari norma - norma sosial budaya agama setempat. pers tidak kebal hukum, pers tidak dapat dianggap sebagai hukum itu sendiri. siapa pun yang di rugikan oleh pers bisa mengajukan gugatan hukum apabila penyelesaian lewat koridor yang ada seperti penggunaan hak koreksi, hak jawaban, dan pengajuan nota keberatan dengan Dewan pers, dianggap tidak memuaskan.

4.   Rekreasi
      Fungsi  keempat pers adalah menghibur. pers harus mampu memerankan dirinya sebagai wahana rekreasi yang menyenangkan sekaligus menyehatkan bagi semau lapisan masyarakat. Artinya apa pun pesan rekreatif yang di sajikan, mulai dari cerita - cerita pendek sampai pada teka teki silang dan anekdot, tidak boleh yang bersifat negatif apalagi destruktif. pers harus menjadi sahabat setia pembaca yang menyenangkan. Karena itulah berbagai sajian hiburan yang bersifat menyesatkan, harus dibuang jauh - jauh dari pola pikir dan pola perilaku pers sehari - hari.

 5.   Mediasi
      Mediasi artinya penghubung. bisa juga disebut sebagai fasilitator atau mediator. Setap hari pers melaporkan berbagai peristiwa yang terjadi di dunia dalam lembaran - lembaran kertas yang tertata rapi dan menarik.
      Dengan fungsi mediasi, pers mampu menghubungkan tempat yang satu dengan tempat yang lainnya, peristiwa yang satu dengan yang lainnya, atau antara satu orang dengan orang lainnya pada saat yang sama.












No comments:

Post a Comment